Pengenalan Home Automation Building

Home automation adalah suatu rumah yang dilengkapi dengan sistem yang diintegerasikan untuk mengontrol alat - alat yang ada di rumah. Alat - alat tersebut dipadukan dalam suatu teknologi canggih guna mempermudah sang pemilik rumah untuk mengontrol keadaan dari alat - alat tersebut dengan penggunaan yang efesien dan mudah. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan Home Automation, antara lain :

  1. Lampu, AC, Kipas Angin, TV, Radio, Speaker, bisa dinyalakan melalui satu remote control, komputer, Tablet PC, Smartphone, bahkan saat anda tidak berada dirumah (via Internet).
  2. Bisa membuka/menutup tirai, mengunci pintu, menyalakan AC/Lampu,  secara otomatis. 
  3. Bisa memutar film melalui iPad anda lalu secara otomatis TV menyala langsung memutar film.
  4. Jika rumah dilengkapi sensor & detector, ketika terjadi kebakaran, kebocoran gas, banjir, atau hal lain secara otomatis alarm berbunyi dan sistem akan memberitahu anda melalu sms/email (Hal ini sangat penting apalagi jika anda tidak sedang dirumah).
  5. Membuat skenario dan timer sesuai keinginan anda, misalkan pukul 6 sore lampu depan dan ruang keluarga menyala kemudian paginya mati secara otomatis. 
  6. Memantau dan mengontrol seisi rumah anda melalui smartphone anda, misal anda lupa apakah sudah mengunci pintu atau apakah sudah mematikan lampu/AC.
  7. Dan masih banyak lagi.

​Tentunya dengan hadirnya teknologi ini, dapat mempermudah kita dalam menjalani kehidupan sehari - hari smiley

Mungkin adalah suatu hal yang luar biasa kalau kita menggunakan sistem Home Automation ini dirumah kita. Namun, itu akan jauh lebih luar biasa lagi kalau kita yang membuat sendiri sistem Home Automationnya smiley.. Apa kalian tertarik? Di tutorial selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana kita membuat sebuah sistem Home Automation dengan ukuran rumah yang lebih kecil menggunakan Arduino.. 




Thursday, 17 Sep 2015 11:34 AM Me Gandi
Sign In
Sign In to Your Account :)
Sign In or Sign Up
 
Follow Us on Twitter
Find Us on Facebook