Pengenalan database MySQL

Basis data (database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut (http://id.wikipedia.org/wiki/Database).

Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam komputer. Untuk mengelola database diperlukan suatu perangkat lunak yang disebut DBMS (Database Management System). DBMS merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS, user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada. Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Di samping RDBMS, terdapat jenis DBMS lain, misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS, dsb.

Beberapa software atau perangkat lunak database digunakan dalam aplikasi program antara lain : ƒ

1. MySQL  (http://dev.mysql.com/downloads/) ƒ

2. Microsoft SQL Server (http://www.microsoft.com/en-us/server-cloud/products/sql-server/

3. Oracle  (http://www.oracle.com/technetwork/indexes/downloads/index.html) ƒ

3. MongoDB (https://www.mongodb.org/downloads) ƒ

4. MariaDB  (https://downloads.mariadb.org/)  ƒ

5. PostgreSQL (http://www.postgresql.org/download/)

 

Beberapa Istilah Database


a. Table merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.  
b. Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.  
c. Record merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.  
d. Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.  
e. SQL Structured Query Language merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL sering disebut juga sebagai query.

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user.

Fitur-fitur MySQL antara lain : ƒ

1. Relational Database System. Seperti halnya software database lain yang ada di pasaran, MySQL termasuk RDBMS.  ƒ

2. Arsitektur Client-Server. MySQL memiliki arsitektur client-server dimana server database MySQL terinstal di server. Client MySQL dapat berada di komputer yang sama dengan server, dan dapat juga di komputer lain yang berkomunikasi dengan server melalui jaringan bahkan internet. ƒ

3. Mengenal perintah SQL standar. SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa standar yang berlaku di hampir semua software database. MySQL mendukung SQL versi SQL:2003. ƒ

4. Mendukung Sub Select. Mulai versi 4.1 MySQL telah mendukung select dalam select (sub select). ƒ Mendukung Views.

5. MySQL mendukung views sejak versi 5.0 ƒ

6. Mendukung Stored Prosedured (SP). MySQL mendukung SP sejak versi 5.0 ƒ

7. Mendukung Triggers. MySQL mendukung trigger pada versi 5.0 namun masih terbatas.

8. Mendukung replication. ƒ

9. Mendukung transaksi. ƒ

10. Mendukung foreign key.

ƒ11. Tersedia fungsi GIS. ƒ

12. Free (bebas didownload) ƒ

13. Stabil dan tangguh ƒ

14. Fleksibel dengan berbagai pemrograman ƒ

15. Security yang baik

Tipe-tipe Tabel MySQL  
Salah satu kelebihan dari MySQL adalah Anda dapat mendefinisikan tipe untuk tiap tabel. MySQL mendukung beberapa tipe tabel, tergantung konfigurasi saat proses instalasi MySQL. MySQL memiliki 3 (tiga) tipe data utama, yaitu MyISAM, InnoDB dan HEAP.

1. MyISAM merupakan tipe tabel yang sederhana, stabil dan mudah digunakan. Jika kita akan menyimpan data sederhana yang tidak terlalu rumit, maka gunakanlah tipe tabel ini. Kelebihan utama MyISAM adalah kecepatan dan kestabilannya. Jika kita memilih tipe tabel MyISAM,maka MySQL secara otomatis akan menentukan salah satu dari tiga jenis tabel MyISAM,

a. MyISAM static Jenis ini digunakan ketika semua kolom dalam tabel didefinisikan dengan ukuran yang pasti (fixed). Dengan kata lain, tidak ada kolom yang memiliki tipe seperti VARCHAR, TEXT dan BLOB. Karena sifatnya yang fixed, maka jenis ini akan lebih cepat, aman dan stabil.

b. MyISAM dymanic. Jenis ini digunakan ketika terdapat kolom dengan tipe yang dinamis, seperti tipe kolom VARCHAR. Keuntungan utama dari jenis ini adalah ukuran yang dinamis. Jadi sifatnya lebih efektif karena ukuran data (file) menyesuaikan isi dari masing-masing kolom (field).

c. MyISAM Compressed. Kedua jenis MyISAM, static dan dynamic dapat dikompresi menjadi satu jenis yaitu MyISAM Compressed dengan perintah myisamchk. Tentunya hasilnya lebih kecil dari segi ukuran. Tabel yang terkompresi tidak dapat dikenakan operasi seperti INSERT, UPDATE dan DELETE.  
InnoDB Tipe tabel InnoDB merupakan tipe tabel MySQL yang mendukung proses transaksi. Tipe ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  •  Mendukung transaksi antar tabel
  • Mendukung row-level-locking
  • Mendukung Foreign-Key Constraints
  • Crash recovery

d. HEAP Tabel dengan tipe HEAP tidak menyimpan datanya di hardisk, tetapi menyimpan di RAM (memori). Tipe tabel ini biasanya digunakan sebagai tabel sementara (temporary). Tabel secara otomatis akan dihapus (hilang) dari MySQL saat koneksi ke server diputus atau server MySQL dimatikan.

Sumber (http://achmatim.net)




Thursday, 17 Sep 2015 11:06 AM aroh claten
Sign In
Sign In to Your Account :)
Sign In or Sign Up
 
Follow Us on Twitter
Find Us on Facebook