Instalasi Git di Windows



Halo bro! 

Kali ini penulis akan membahas mengenai Instalasi Git. Tapi sebelumnya, apa itu Git? Git adalah salah satu aplikasi version control yang free dan open source. Dengan aplikasi ini, sebuah aplikasi dapat dikerjakan oleh lebih dari satu orang dengan task yang berbeda di masing-masing orang. Git dapat di download di situs https://git-scm.com/. Berikut langkah-langkah untuk instalasi Git

 

  1. Pastikan aplikasi Git sudah di download. Setelah itu jalankan aplikasinya
  2. Dialog dibawah ini adalah lisensi yang digunakan oleh Git, kemudian klik Next.
  3. Selanjutnya tentukan lokasi instalasi Git, lalu klik Next.
  4. Berikut ini adalah pilihan komponen yang akan dipasang, centang bagian yang diperlukan, lalu klik Next.
  5. Jika ingin memudahkan peletakan aplikasi di Start Menu Windows, pilih lokasi folder nya, lalu klik Next.
  6. Berikut ini adalah pengaturan untuk environment aplikasi Git, jika kita pilih Use Git from Git Bash only, kita hanya bisa menggunakannya melalui Git Bash bawaan aplikasi Git. Jika kita memilih Use Git from the Windows Command Prompt, kita dapat menggunakannya di Command Prompt bawaan Windows. Jika kita memilih Use Git and optional Unix tools from the Windows Command Prompt, kita dapat menggunakannya di Command Prompt bawaan Windows dengan command milik Unix/Linux juga terpasang di Windows, pilihan ketiga ini akan memasang command di Command Prompt Windows yang ada di Unix/Linux misalnya ssh, ls, grep dan lain-lain, lalu klik Next.   
  7. Pilihan dibawah ini adalah ketika suatu file di commit ke Git, maka pada akhir suatu baris akan di convert sesuai gaya penulisan di masing-masing OS. kemudian klilk Next.
  8. kemudian untuk pilihan dibawah ini adalah pilihan untuk menjalankan terminal emulator, kita bisa memilih untuk menggunakan MinTTY bawaan Git atau juga bisa menggunakan Command Prompt bawaan Windows. selanjutnya klik Next.
  9. lalu dibawah ini merupakan fitur tambahan dari Git, yaitu file system caching dan Git Credential Manager. Setelah semuanya OK, kita klik Install dan proses instalasi akan berjalan.
  10. ini adalah dialog terakhir instalasi Git yang berarti instalasi Git telah berhasil.

Kita dapat mengecek apakah instalasi Git benar-benar berhasil atau tidak salah satunya melalui Command Prompt dengan mengetikkan command 'git'

 

Jika sudah muncul seperti diatas maka instalasi sudah berhasil dan Git siap digunakan,

sekian tulisan singkat dari penulis, semoga bermanfaat wink




Sunday, 16 Oct 2016 09:13 PM Arief Setya
Sign In
Sign In to Your Account :)
Sign In or Sign Up
 
Follow Us on Twitter
Find Us on Facebook