Android NFC Reader

Pengertian NFC

Near Field Communication atau biasa di singkat dengan NFC adalah sebuah teknologi terbaru dalam perpindahan data berbasis teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yang menggunakan konektivitas tanpa kabel sehingga sangat memungkinkan komunikasi data antar perangkat elektronik dalam jarak dekat menggunakan perantara induksi medan magnet yang terdapat dalam perangkat elektronik tersebut.

NFC memiliki jangkauan yang lebih pendek dari RFID, kira-kira kemampuan NFC sekitar 4 inc. NFC memiliki jangkauan yang lebih pendek dari RFID. Kira-kira kemampuan NFC sekitar 4 inc. maka dari itu untuk menggunakannya kita harus sampai menempelkan NFC pada alat reader nya.

Kegunaan NFC

  1. Sebagai media pembayaran.
  2. Sebagai pembuka pintu atau portal (Transit dan Boarding pass), misal dengan menempelkan kartu NFC maka pintu akan terbuka
  3. Sebagai sarana komunikasi
  4. Sebagai penyimpan data, walau tidak besar
  5. Sebagai Pengiriman Data Wireless
  6. Sebagai Pengiriman Data Wireless

Penggunaan NFC di kehidupan sehari-hari

Penggunaan NFC seperti yang sudah kita ketahui, sangat memudahkan kita. Salah satunya seperti penggunaan ATM, pembayaran mobile banking dan lain-lain. maka dari itu NFC sendiri sangat mempermudah kita.

Kemudian salah satu penggunaan yang paling sering berikutnya adalah penggunaan NFC sebagai ganti dari karcis. kita tidak perlu mengantri karcis lagi, cukup dengan mengisi ulang saldo sesuai dengan NFC yang kita gunakan. maka NFC tersebut sudah bisa kita gunakan beberapa kali sebagai pengganti karcis.

NFC juga dapat digunakan sebagai pembuka kunci keamanan, salah satunya kita dapat membuat pintu dengan pembuka kunci NFC. Maka saat kita menempelkan NFC pada readernya maka pintu otomatis akan terbuka. Dengan begitu kita tidak perlu susah susah menggunakan kunci.

Apa saja yang dibutuhkan untuk pembuatan read tag NFC ini ?

  1. Smartphone / android yang terdapat chip NFC (Nexus S, Galaxy Nexus, Samsung Galaxy SIII ect)
  2. NFC Tag yg sudah di write (sudah ada datanya)

Bagaimana Proses aplikasi ini akan berjalan ?

  1. Menjalankan Aplikasi secara manual
  2. Tempelkan NFC Tag ke smartphone
  3. Muncul activity pada saat NFC Tag terbaca
  4. Menuliskan data yang ada di NFC Tag ke android

Setelah alat yang akan digunakan sudah lengkap dan kita sudah mengetahui bagaimana proses aplikasi ini akan berjalan, berikut ini contoh aplikasinya.

GIT : Android : NFC Read Tag
 

Source : read tag, apa itu nfc ?




Thursday, 17 Sep 2015 11:24 AM Ivans Ardiansyah
Sign In
Sign In to Your Account :)
Sign In or Sign Up
 
Follow Us on Twitter
Find Us on Facebook